Stress kerja adalah suatu kondisi ketegangan yang menciptakan adanya ketidak seimbangan fisik dan psikis yang mempengaruhi emosi. Orang - orang yang mengalami stress menjadi nervous dan merasakan kekuatiran kronis sehingga mereka sering menjadi marah - marah, agresif, tidak dapat rileks atau memperlihatkan sikap yang tidak kooperatif.
Faktor - Faktor Penyebab Stress Kerja antara lain :
- Beban Kerja yang sulit atau berlebihan
- Tekanan dan sikap pemimpin yang kurang adil dan wajar
- Waktu dan peralatan kerja yang kurang memadai
- Konflik antara pribadi dengan pimpinan atau kelompok kerja
- Balas jasa terlalu rendah
- Masalah keluarga seperti anak, istri, mertua dan lain lain
Cara - Cara untuk Mengatasi Stress dalam Bekerja antara lain :
1. Tariklah Nafas dalam dalam
Karena pada saat stress, tubuh cenderung bernafas lebih cepat dari biasanya. Cara ini dapat membuat kamu rileks dan mengurangi tingkat stres kamu. Coba lalukan cara ini berulang kali
2. Mendengarkan Musik
Dengan mendengarkan musik selain kamu akan menjadi rileks, mendengarkan musik juga dapat mengurangi tingkat stres. Dengan mendengarkan musik juga dapat mengembalikan mood. Jika sedang penat dengan pekerjaan, ambillah waktu sejenak, lalu dengarkan musik selama 15 menit sampai 30 menit untuk meningkatkan konsentrasi.
3. Lakukan Olahraga Kecil
Melakukan peregangan tubuh atau streching saat bekerja, membantu kamu melancarkan darah ke seluruh bagian tubuh, juga otak. Lakukan sedikit olahraga jika tubuh dan pikiran kamu jenuh dan lelah dengan pekerjaan. Hal ini tidak hanya dapat membuat lebih rileks namun juga membuat menurunkan tingkat stres akan pekerjaan
4. Jangan Menunda Pekerjaan
Sering kali tidak sadar bahwa dengan menunda pekerjaan justru menjadi pemicu stress di tempat kerja. Semakin sering menunda pekerjaan maka akan semakin menumpuk pekerjaan nantinya. Pekerjaan yang lebih cepat selesai akan membuat otak dan hati kamu lebih nyaman karena tidak harus terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan.
5. Gunakan Waktu Istirahat Dengan Efektif
Saat istirahat tiba, sempatkan diri untuk keluar kantor mencari jajanan atau makan bersama rekan kerja lain. Selain membantu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja lain, kegiatan ini juga dapat membuat kamu sejenak melupakan rutinitas pekerjaan dan tekanan yang mungkin sedang kamu hadapi.
6. Buatlah Tempat Kerja Nyaman
Kondisi tempat kerja yang tidak nyaman seperti berantakan, panas dan bau akan semakin menambah beban otak saat menyelesaikan suatu tugas / pekerjaan yang akhirnya memicu tingkat stress yang tinggi ditempat kerja. Oleh karena itu, atur dan rawatlah tempat kerja agar tidak merasa cepat bosan dan stres.
7. Motivasi Diri Sendiri
Salah satu cara untuk mengembalikan mood saat bekerja setelah stress terhadap pekerjaan adalah dengan memotivasi diri sendiri. Caranya, ingatlah apa yang menjadi motivasi awal kamu bekerja dulu. Entah rencana masa depan seperti pendidikan, menabung untuk rencana usaha yang telah diimpikan sejak dulu. Ingatlah harapan - harapan indah kamu ketika stres di pekerjaan datang menghampiri
8. Bersyukur
Apapun pekerjaannya, bersyukur adalah cara yang ampuh yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres. Bersyukurlah dengan hidup dan pekerjaan yang didapat sekarang, karena banyak orang diluar sana yang menginginkan posisi yang kita tempati sekarang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar